• admin@herbalindoutama.co.id
  • Gondowangi, Sawangan, Magelang 56481
 Tips Mengobati Batuk Berdahak

Tips Mengobati Batuk Berdahak

Batuk merupakan suatu reflek tubuh untuk mengeluarkan partikel tertentu akibat adanya reaksi terhadap benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Batuk dikatakan berdahak apabila disertai dengan adanya lendir pada tenggorokan. Lendir tersebut terkadang keluar dengan sendirinya saat batuk terjadi, namun tak jarang juga membuat penderita tidak nyaman karena tertinggal dan menyangkut di tenggorokan.

https://hellosehat.com/pernapasan/pilek/batuk-berdahak/

Saat partikel asing masuk ke dalam saluran pernapasan, otak akan mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot dada dan perut. Ketika otot-otot tersebut menerima sinyal dan berkontraksi, di sinilah terjadi penyemburan udara melalui sistem pernapasan untuk mendorong partikel asing yang masuk. Batuk juga dibutuhkan tubuh untuk mendorong lendir (dahak) keluar dari sistem pernapasan agar Anda dapat bernapas lebih nyaman.

https://www.alodokter.com/penyebab-batuk-berdahak-dan-batuk-kering-serta-cara-mengobatinya

Meskipun mempunyai peranan penting untuk membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan, batuk berdahak yang tak kunjung sembuh juga bisa menjadi indikasi terjadinya penyakit lain, dintaranya adalah alergi, asma, asam lambung, bronchitis kronis, tuberculosis, fibrosis paru, sarcoidosis, autoimun, dan penyakit langka lainnya. Untuk itu, pencegahan dan penanganan terhadap batuk berdahak perlu Anda lakukan guna mencegah batuk berdahak terjadi semakin parah. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk berdahak:

https://www.halodoc.com/artikel/batuk-berdahak-tidak-kunjung-sembuh-waspada-penyakit-ini

  1. Minum Air Hangat.

Memperbanyak minum air hangat saat mengalami batuk berdahak dapat membuat tubuh tetap terhidrasi, juga mencegah terjadinya iritasi pada tenggorokan. Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa air hangat juga dapat membantu meredakan gejala-gejala lain yang terjadi pada kasus batuk maupun flu.

  • Konsumsi Madu.

Madu adalah bahan alami yang sering dijadikan sebagai obat batuk berdahak. Penelitian membuktikan bahwa produk lebah tersebut memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

  • Tinggikan Kepala saat Tidur.

Jika lendir di tenggorokan begitu banyak sampai menyebabkan gangguan tidur, cobalah untuk meninggikan kepala Anda saat rebahan dengan menggunakan beberapa bantal. Hal tersebut dapat membantu mengalirkan dahak dan mencegah munculnya refleks batuk, sehingga tidur malam Anda tidak akan terganggu.

  • Rempah dan Buah.

Beberapa jenis rempah yang berkhasiat meredakan batuk adalah bawang putih, jahe, dan cabai. Sedangkan untuk buah, salah satu yang disebut mampu membantu meredakan batuk berdahak adalah lemon.

  • Obat ekspektoran.

Jika lendir sangat kental dan sulit dikeluarkan, mungkin Anda butuh bantuan obat pengencer dahak yang biasa dikenal dengan istilah ekspektoran.

https://www.klikdokter.com/

Herbal Indo Utama memproduksi salah satu obat ekspektoran herbal yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi batuk berdahak secara alami melalui HIU Gurah Fluba. Adapun, berikut screening komposisi dan khasiat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi Madu Herbal Gurah Fluba!

MADU HERBAL GURAH FLUBA Komposisi :

Tiap 5 ml mengandung :
Ekstrak Senggugu (Clerodendron serrature herba) 50 mg
Ekstrak Kayu Manis (Cinnamomum burmanii cortex) 50 mg
Ekstrak adas (Foeniculum vulgare fructus) 50 mg
Ekstrak daun sereh (Cymbopogon nardus folium) 50 mg
Ekstrak sambiloto (Andrographis paniculata herba) 50 mg
Madu (Mel depuratum) 7 gram

Khasiat / kegunaan :
Secara tradisional digunakan untuk membantu meredakan batuk berdahak, Membantu meredakan gejala salesma sepert hidung tersumbat/pilek, sakit kepala, badan terasa pegal.

POM TR 133 675 201
Isi: 125 ml

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *