• admin@herbalindoutama.co.id
  • Gondowangi, Sawangan, Magelang 56481

Jangan Anggap Remeh Jika Asam Lambung Naik!

Naiknya asam lambung seringkali dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Meski asam lambung akan reda dengan sendirinya, tapi membiarkan penyakit ini terus terjadi tanpa penanganan khusus merupakan tindakan yang keliru dan berpotensi mengundang penyakit komplikasi lainnya. Banyak sekali kasus yang kita temui bahwa asam lambung naik ini pada kasus terparah dapat menyebabkan kematian. Sebelum jauh membahas akan bahayanya penyakit ini, perlu Anda ketahui apa itu penyakit asam lambung, penyebab, dan cara penanganannya yang tepat.

Penyakit asam lambung atau yang biasa kita kenal dengan GERD (Gastroesophagael Reflux Disease) adalah munculnya rasa terbakar di area ulu hati atau dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit asam lambung atau gerd ini sebenarnya bukanlah penyakit yang langka, justru ini merupakan penyakit yang umum dialami oleh banyak orang, baik dewasa bahkan anak-anak, walaupun sangat disayangkan bahwa tidak semua orang menyadari akan bahayanya penyakit gerd.

Gejala utama dari penyakit gerd ini adalah munculnya rasa terbakar di dada (heartburn) yang bertambah parah setelah makan atau berbaring. Gejala ini dapat juga disertai dengan munculnya gangguan pencernaan lain seperti, bersendawa, mual, dan muntah, tak jarang juga gerd kambuh dengan disertai sesak napas dan mulut yang terasa asam pada penderitanya. Kondisi gerd ini juga sangat rentan menimbulkan kanker esofagus (Esofagus Barret).

Lalu, bagaimana gerd ini dapat terjadi pada tubuh Anda? Awalnya, asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung), hal ini terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) mengalami pelemahan. Otot inilah yang seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Akan tetapi, jika otot ini melemah, maka kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik lalu menyebabkan dada terasa terbakar. Keluhan dada terbakar (heartburn) ini umumnya akan terjadi sebanyak 2 kali dalam seminggu pada penderita gerd.

Penyakit asam lambung naik atau gerd dapat diatasi mulai dari diri sendiri. Ubahlah pola keseharian, seperti: upayakan untuk menurunkan berat badan jika dirasa sudah tidak ideal bagi tubuh, jangan biasakan langsung berbaring setelah makan, dan usahakan untuk berhenti merokok. Hal terpenting berikutnya adalah jangan sampai Anda menganggap remeh penyakit ini, segera periksakan ke dokter guna penanganan yang jauh lebih efektif. Biasanya, setelah Anda memberitahu keluhan gerd, Dokter Gastroenterologi akan memberikan obat-obatan yang mampu menetralkan asam lambung, menurunkan produksi asam lambung, dan obat yang dapat mempercepat pengosongan lambung. Ingat, bahwasannya jika dibiarkan begitu saja, gerd dapat memicu penyakit serius seperti luka pada kerongkongan bahkan hingga kanker pada organ esofagus Anda.

Herbal Indo Utama juga memiliki solusi sehat, aman, alami, dan minim efek samping untuk Anda yang ingin mengatasi penyakit asam lambung naik secara alami. Obat herbal tersebut diantaranya adalah Gastrohiu dan Gamat HIU yang dapat membantu meringankan gejala gerd kambuh, seperti:

– Lambung nyeri dan pedih
– Lambung terasa panas
– Terjadi mual & muntah

Sumber:

https://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung
https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2915280/jangan-anggap-remeh-naiknya-asam-lambung-bisa-picu-komplikasi-berbahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *