• admin@herbalindoutama.co.id
  • Gondowangi, Sawangan, Magelang 56481

Mengatasi Gejala Covid-19 Pada Anak? Begini Langkahnya

Selama pandemi masih berlangsung, terjadi perubahan pada pola hidup anak-anak. Anak-anak menjadi lebih sering berada di rumah saja, disebabkan oleh kegiatan bersekolah yang masih diadakan secara online.

Meskipun anak Anda lebih sering berada di rumah, namun tak menutup kemungkinan Covid-19 menjangkiti lewat hal-hal yang tak kita sadari.

Infeksi virus Corona, atau yang dikenal juga dengan sebutan Covid-19, merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penderita Covid-19 sejauh ini kebanyakan adalah orang dewasa. Namun, kasus pada anak-anak juga telah dilaporkan, termasuk pada balita.

Berikut ini beberapa cara mencegah anak Anda terjangkit Covid-19, yang bisa diterapkan di rumah.

  • Ajarkan cara mencuci tangan dengan benar dan rutin kepada anak.

Ajarkan buah hati Anda untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan ia membasuh seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan, sela-sela jari, dan ujung kuku.

Biasakan anak untuk mencuci tangannya secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, serta setelah batuk atau bersin.

Anda juga bisa menyediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk digunakan bila tidak ada air dan sabun saat perlu mencuci tangan.

  • Biasakan anak untuk menggunakan masker, ketika ada tamu yang berkunjung.

Penggunaan masker juga dapat mencegah penularan virus Corona pada anak, meskipun tidak seefektif penggunaan masker pada orang yang sakit, untuk mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

Pilihlah masker yang ukurannya pas untuk anak-anak dan anjurkan buah hati Anda untuk memakai masker dengan baik dan jangan sering dilepas. Ingatkan ia untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh masker.

  • Berikan asupan makanan dan minuman yang bergizi kepada anak.

Asupan nutrisi yang kaya akan sayuran dan buah-buahan tinggi Beta Karoten, seperti Wortel dan Jeruk, diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak untuk melawan infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Guna membangun daya tahan tubuh yang kuat untuk mencegah infeksi virus Corona pada anak, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, pastikan makanan yang diberikan kepada buah hati Anda telah dimasak hingga matang.

  • Ajak anak berolahraga bersama-sama secara berkala.

Tidak hanya menjaga kebugaran, berolahraga dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, ajaklah Si Kecil untuk rutin berolahraga, minimal 30 menit sehari.

Pilih olahraga yang disukai Si Kecil. Olahraga apa pun dan di mana pun, asalkan dilakukan dengan rutin dan membuat tubuh Si Kecil aktif bergerak, dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatannya dan melindunginya dari infeksi virus Corona.

Selain dengan menerapkan cara-cara di atas, ingatkan juga Si Kecil untuk menutup mulut dengan tisu saat bersin atau batuk, serta tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

‘Gejala Covid-19 yang khas pada anak-anak sulit terlihat, karena gejalanya hanya seperti demam, batuk, dan pilek biasa’ ungkap dr. Bob Wahyudin, Dokter Spesialis Anak dari FK Unhas Makassar, dilansir dari detikcom.

Bila anak Anda mengalami gejala gangguan pernafasan yang mirip dengan ciri Covid-19, Madu Syifa Kids Propolis dan Syifa Kids Isplek insya Allah dapat membantu meredakan keluhan tersebut, serta memperkuat sistem imunitas tubuh anak.

Sumber :

https://www.alodokter.com/waspadai-infeksi-virus-corona-pada-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *